Detail Berita
BERDAYAKAN UMKM GULIRKAN DANA Rp. 960 JUTA
09-04-2008

BERDAYAKAN UMKM GULIRKAN DANA Rp. 960 JUTA

 

            Sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta memberdayakan sektor perekonomian, pada tahun 2007 ini menggulirkan dana pinjaman sebesar Rp. 960 juta kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sembilan kecamatan. Dana tersebut diberikan kepada kelompok UMKM dengan jumlah anggota minimal sepuluh orang. Besaran dana pinjaman untuk setiap kelompok atau setiap kelurahan Rp. 40 juta tersebar di Kecamatan Pakualaman, Gedongtengen, Wirobrajan, Kraton, Jetis, Gondomanan, Tegalrejo, Ngampilan dan Danurejan, demikian dijelaskan oleh Bambang Supriyatna SIP, Kabid Bimbingan Teknis Dinas Perindagkop Kota Jogja.

            Lebih lanjut dikatakan, ”dana sebesar Rp. 960 juta merupakan program dana pinjaman bergulir tahun kedua. Tahun lalu pemkot telah memberikan Rp. 1.048 milyar kepada 28 kelompok UMKM di lima kecamatan lainnya. Jadi pada tahun 2007 ini dana pinjaman bergulir merupakan program lanjutan tahun sebelumnya,” imbuh Bambang.

            Untuk menyalurkan dana pinjaman bergulir, Dinas Perindagkop bekerjasama dengan Bank BPD. Bunga ditetapkan sebesar 6 persen per tahun dengan jangka waktu pengembalian pinjaman selama 2 tahun. ”Inilah bentuk komitmen pemkot untuk mengembangkan dan memberdayakan UMKM. Sehingga kebijakan pengembalian dana pinjaman bergulir dibuat ringan, bahkan diberikan masa tenggang tiga bulan. Pada bulan pertama sampai dengan bulan ketiga, cukup mengembalikan bunga saja,” jelas Bambang.

           

abi is agusbudi | Tanya Komputer