Detail Berita
DILUNCURKAN BUKU PEGANGAN PROGRAM KB BAGI PENGANTIN
09-04-2008

DILUNCURKAN BUKU PEGANGAN PROGRAM KB BAGI PENGANTIN

 

Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kota Yogyakarta Tahun 2007, TP PKK Kota Yogyakarta bekerjasama dengan BKKBC Kota Yogyakarta dan Kantor Depag Kota Yogyakarta menyelenggarakan acara Peluncuran Buku Pegangan Program KB Bagi Pengantin Sabtu (1/12) di Pendopo Rumah Dinas Walikota. Peluncuran dilakukan oleh Wakil Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti didampingi Ketua Panitia HKG PKK KB Kesehatan,  Hj. Trikirana Haryadi Suyuti. Dalam acara tersebut menghadirkan 14 pasangan calon pengantin mewaliki masing-masing kecamatan se-Kota Yogyakarta.

H. Haryadi Suyuti dalam sambutannya mengemukakan, Program KB bukan hanya sekedar pelayanan alat kontrasepsi dan pengendalian pertumbuhan penduduk semata namun merupakan upaya mewujudkan keluarga kecil sehat, sejahtera, mampu, berkualitas dan bahagia yang dimulai dari proses pernikahan. Untuk mewujudkan keluarga yang demikian, harus disertai kesiapan dan perencanaan, karena keluarga akan berhadapan dengan pemenuhan aspek ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Terlebih karakteristik wilayah perkotaan kepadatan penduduk cukup tinggi. Berdasarkan survey sosial ekonomi nasional 2006,  Kota Yogyakarta dengan luas 32,5 km2 jumlah penduduk Kota Yogyakarta 435.236 jiwa dengan laju pertumbuhan 1,81%, pemenuhan berbagai aspek kebutuhan hidup berhadapan dengan keterbatasan daya tampung alam.

Pada tahun 2006 di Kota Yogyakarta terdapat 3498 pasangan menikah. Hal tersebut mendorong Pemkot Yogyakarta melalui BKKBC untuk menyusun buku pegangan program KB bagi calon pengantin. Wakil Walikota berharap buku tersebut dapat mendukung persiapan pasangan pengantin baru dalam menjalankan peran dan fungsinya, sehingga mampu memberikan kontribusi mewujudkan keluarga kecil yang bahagia sejahtera dan berkualitas. Wakil Walikota juga berharap peran aktif kader KB untuk  memperdalam pemahaman pasangan pengantin dan memperluas akses terhadap program KB,  pembinaan KUA baik dari sisi administratif maupun kesiapan mental serta  pendampingan dari PKK Kota Yogyakarta diantaranya melalui program mitra keluarga.

Buku Pegangan Program KB Bagi Pengantin  berisi panduan cukup lengkap, antara lain mengulas Pengertian Keluarga, Program KB Nasional, kesehatan reproduksi, gangguan dan pemeliharaan alat reproduksi, alat kontrasepsi KB, kehamilan dan perawatannya, infeksi menular seksual (IMS) dan HIV/AIDS, peran dan tanggung jawab suami dalam KB dan kesehatan reproduksi, hak dan kewajiban reproduksi sehat dan bagaimana membangun keluarga sejahtera.(evi)

abi is agusbudi | Tanya Komputer