Detail Berita
CARI IKAN KUALITAS PRIMA DATANG KE PASAR IKAN HIGIENIS
08-04-2008

CARI IKAN KUALITAS PRIMA
DATANG KE PASAR IKAN HIGIENIS

 

               Memasuki kawasan pasar ikan, bayangan kita tertuju pada sebuah pasar yang kotor, becek, bau amis menyengat, sampai serbuan lalat mengerumuni dagangan ikan. Bayangan tersebut akan sirna ketika anda memasuki Pasar Ikan Higienis (PIH) yang terletak di Jl. Tegalturi Giwangan. Menempati lahan seluas :  ± 8.460 m², PIH dibangun dengan perencanaan dan konsep yang matang. Melewati pintu masuk areal parkir terbentang luas ditanami pepohonan menyejukkan. Bangunan induk pasar ikan yang modern lebih mirip disebut mall ikan, begitu masuk terasa ademnya pendingin ruangan. Display penjualan ikan ditata berjajar dengan freezer-freezer yang menjamin higienitas.
               PIH juga dilengkapi dengan sebuah restoran modern sebagai sarana rekreasi untuk menikmati hidangan ikan. Restoran dengan harga terjangkau ini menawarkan aneka menu olahan ikan. Selain itu PIH juga menawarkan sebuah kolam pemeliharaan dan pemancingan dilengkapi dengan gazebo. Pengunjung bisa membeli ikan hasil pancingan atau memasakkan ke dapur PIH untuk dinikmati di gazebo tengah kolam.
               Kota Yogyakarta kini mempunyai pusat penjualan hasil perikanan yang menawarkan profuk dengan standar teknis mutu dan higienis serta kenyamanan berbelanja. PIH mampu menunjukkan kesan sebagai sebuah pasar yang tidak selalu identik dengan kotor, becek dan bau tidak sedap.  
               Soft Opening PIH dilakukan oleh Wagub DIY Pakualam IX dan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto, Sabtu (10/11). Pada kesempatan itu Wagub berharap PIH dapat mempertahankan higienitasnya dengan menjaga kebersihan dan kualitas serta mengajak masyarakat meningkatkan konsumsi makan ikan karena kandungan gizinya tinggi. 
               Sementara itu Walikota Yogyakarta mengatakan, kehadiran Pasar Ikan Higienis yang representatif memang sangat dinantikan masyarakat karena kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya belum terlayani secara optimal. Tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Yogyakarta adalah 26.25 kg/kapita/tahun merupakan peringkat tertinggi di DIY. PIH diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat untuk makan ikan. Kebutuhan konsumsi ikan selama ini masih mengandalkan pasokan hasil perikanan dari berbagai daerah. 
Lebih lanjut dijelaskan, lokasi PIH sangat strategis karena berada di wilayah pengembangan kawasan Jogja selatan dan mudah dijangkau sarana transportasi dari berbagai kota. Oleh karena itu diharapkan mampu memberi multiplier effect bagi kawasan-kawasan sekitarnya.(isma)

abi is agusbudi | Tanya Komputer