Detail Berita
WARGA KOTA RAIH SWASTI SABA WISTARA
08-04-2008

WARGA KOTA RAIH SWASTI SABA WISTARA  

 

Warga masyarakat Kota Yogyakarta patut berbangga karena memperoleh penghargaan  Swasti Saba Wistara. Penghargaan tertinggi di bidang kesehatan untuk penyelenggaraan kabupaten / kota sehat pada taraf pengembangan. Penghargaan diserahkan langsung Presiden RI kepada Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto, 14 Nopember 2007 di Jakarta.

            Swasti Saba Wistara diraih Kota Yogyakarta terkait beberapa unggulan yang dicapai antara lain: 1. Penataan tata ruang  pemukiman padat penduduk di daerah aliran sungai Code yang nyaman dan bersih dengan memanfaatkan sungai sebagai subyek pelestarian ekologi air yang di dukung program kali bersih ( Prokasih ) di wilayah Kelurahan Prawirodirjan dan Ngupasan. Termasuk rusunawa (Rumah Susun Sewa Sederhana) aplikasi dari tatanan pemukiman sarana dan prasaran umum. 2. Penataan taman parkir Senopati yang manyatu dengan lokasi Taman Pintar dan kawasan Malioboro sebagai jalur lalu lintas pusat kota serta pada posisi nol kilo meter di Kota Yogyakarta. Juga melakukan upaya uji emisi kendaraan bermotor sebagai tatanan tertib lalu-lintas dan pelayanan tranportasi. 3. Penataan komplek Pemerintah Kota Yogyakarta di Balaikota Timoho dan penataan kelompok sentra  industri kerajinan perak Kotagede indentik dengan kawasan perkantoran dan industri sehat. 4. Kelompok Pemakai Air ( POKMAIR ) 30 yang telah mempersembahkan film dokumenter tingkat nasional dengan tema pemberdayaan masyarakat yang memadukan budaya, tradisi masyarakat dan kepedulian lingkungan sehat di wilayah Kelurahan Kadipaten menyatu dengan situs Tamansari dan Kraton Yogyakarta salah satu unggulan Tatanan Pariwisata Sehat. 5. Pemanfaatan lahan sempit melalui Kelompok Tani Destama, Bougenvile, Puspa Indah di wilayah RW 11 Kelurahan Prawirodirjan dengan usaha tanaman hias dan upaya stimulan tamanisasi tiap RW se Kota Yogyakarta yang bernuansa penghijauan mendukung tatanan ketahanan pangan dan gizi. 6. Guntur Siaga kelompok Kelurahan Siaga melalui pusat informasi kesehatan di wilayah Gunungketur merupakan tatanan kehidupan sehat yang mandiri. Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di seluruh kelurahan. Sebagai adalan adalah Pengelolaan PAUD Pasar Beringharjo yang menampung sekitar 40 anak/hari dari pedagang pasar merupakan tatanan kehidupan sosial yang sehat.

Disamping unggulan diatas, Kota Yogyakarta juga dinilai berhasil melaksanakan Forum Kota Sehat Kota tahun 2007 antara lain : melakukan kerjasama dengan Politeknik Kesehatan jurusan Kesehatan Lingkungan dalam rangka Pasar Sehat; melakukan penyusunan draft Penilaian Kelurahan Sehat;  peran serta dalam penilaian Adipura; sosialisasi Pasar Sehat, Kelurahan Sehat dan Pencegahan Flu Burung; mengikuti musrenbang, penyusunan Perda di DPRD dan penyusunan RPJPKM 2007-2011;  melakukan pembinaan Forum Komunikasi, Pokja Kecamatan/Kelurahan dan pembinaan Sekolah Berwawasan Lingkungan Hidup.  

Swasti Saba Wistara menambah deretan jumlah penghargaan di bidang kesehatan Kota Yogyakarta. Beberapa prestasi yang telah dicapai diantaranya adalah : Tahun 2004 Penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada. Tahun 2005 Swasti Saba Wiwerda. Tahun 2006 Ksatria Bhakti Husada Arutala untuk Herry Zudianto, SE, Akt, MM dan Hj. Dyah Suminar, SE dan tahun 2007 Swasti Saba Wistara.(wien)

abi is agusbudi | Tanya Komputer