Detail Berita
40 SISWA IKUTI PERTUKARAN PELAJAR ANTAR PROPINSI
08-04-2008

Sejumlah 40 siswa pamitan kepada Walikota Yogyakarta untuk mengikuti pertukaran pelajar. Para siswa ini didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan para guru pembimbing, diterima oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti, bertempat di ruang utama bawah Balaikota belum lama ini. Para siswa ini tergabung dalam pertukaran pelajar antara Kota Yogyakarta dengan pelajar Kota Samarinda Kalimantan Timur dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan. Mereka berangkat menuju Pulau Kalimantan 7 November 2007 setelah melalui seleksi yang ketat. Dari 125 siswa yang lolos seleksi hanya 40 siswa dan berhak mengikuti pertukaran pelajar.

            Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Drs. H. Syamsuri, MM. Pertukaran pelajar telah dilaksanakan sejak tahun 2004, dan menunjukkan hasil yang memuaskan bagi peserta. Para pelajar merasa memperoleh tambahan wawasan, kemampuan berpikir positif dan berjiwa besar, serta kerjasama dalam memupuk kemampuan yang memberikan kemanfaatan bagi lingkungan dimana mereka tinggal. Ditambahkan Syamsuri, semua siswa yang dikirim wajib mengikuti pelajaran dan ekstra kurikuler, disamping bertukar informasi mengenai kondisi geografis, budaya dan adat istiadat. Diakhir pertukaran pelajar, para siswa diwajibkan membuat laporan tentang kemajuan pembangunan bidang pendidikan dan wisata daerah tujuan.

            Sementara itu Wakil Walikota berpesan, agar citra Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan hendaknya selalu dijaga. Belajar tidak harus di sekolah, dimanapun tempat apabila dapat mendapatkan ilmu dan pengetahuan disitu bisa belajar. ”Tolong sampaikan dan berikan keterangan yang benar kepada teman-teman kalian di tempat tujuan tentang Kota Yogyakarta. Tunjukan bahwa pelajar Kota Yogyakarta tidak indentik dengan tawuran ataupun narkoba. Jadilah pelajar yang cakap sekaligus sebagai duta wisata” katanya. Orang dikatakan berhasil dalam mempelajari adat istiadat apabila mereka dapat beradaptasi secara cepat dan tepat serta menerapkan disiplin, imbuh Haryadi.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer